Assalamu'alaikum.. Selamat Datang di Blog Suci Utari.. Selamat Membaca, Semoga Dapat Memberikan Manfaat.. Mohon Kritik dan Sarannya ^_^

Sabtu, 20 Mei 2017

ILMU KOMPUTER PARAGRAF (INDENT DAN SPACING)

ILMU KOMPUTER
PARAGRAF (INDENT DAN SPACING)



Dosen Pengampu:
Ferry Haryadi

Disusun Oleh :
Heni Fuji Lestari (2015.01.047)
Rahmawati Utami (2015.01.127)
Rika Puspita Sari (2015.01.097)



SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QUR’AN AL-ITTIFAQIYAH (STITQI)
INDRALAYA OGAN ILIR SUMATERA SELATAN
TAHUN AKADEMIK 2017



PARAGRAF (INDENT DAN SPACING)
Pengertian paragraf (indent dan spacing), indent adalah pergeseran teks paragraf dari margin kiri/ margin kanan, indent ini untuk menentukan jarak teks paragraf dengan margin kiri atau kanan halaman dokumen.
            Pada dokumen word 2013, anda bisa meratakan tiap paragraf kesisi kiri, kanan, rata di kedua sisi, atau di tengah tengah. Selain itu, anda juga bisa memasukkan keseluluruhan paragraf pada sau sisi untuk membuatnya lebih menonjol dari teks di sekitarnya anda  bisa memiliki baris pertama yang menjorok ke dalam dari pada baris lainnya, atau sebaliknya, membuat baris pertama tetap pada sisi margindan baris lainnya yang menjorok kedalam (hanging indent).
Untuk mengatur dengan cepat satu atau beberapa paragraf, anda bisa memindahkan tanda yang ada pada penggaris horizontal (horizontal ruler). Jika anda ingin mengatur inden lebih presisi, anda bisa menggunakan pengaturan momerik pada kotak dialog paragraf. Dan tentu saja praktik terbaik untuk menjangan konsistensi dokumen anda adalah dengan membuat atau memodifikasi paragraf style, sehingga bisa anda gunakan sewaktu waktu ketika membutuhkannya, tanpa harus mengatur ulang.

A.    Cara Mengatur Alignment dan Indent Melalui Ribbon dan Ruler:
1.      Jika horizontal ruler belum ditampilkan, pada tab view, di grup show, pilih chek box ruler.
2.      Pilih paragraf yang ingin anda format.
3.      pada tab home, di grup paragraf, klik salah satu tombol Aligment berikut ini, tergantung dengan keperluan anda.:
·         Align Left (shortcut / CTRL+L): Mertakan teks kesisi kiri margin (indent kiri jika anda menggunakannya ). Baris akhir disebelah kanan tidak diratakan (ragged right).
·         Center (shortcut /CTRL+E): Menengahkan teks diantara sisi kiri dan kanan margin (antara indent kiri dan kanan).
·         Align righ ( shortcut /CTRL+R): Meratakan teks kesisi kanan margin (indent kanan). Sisi kiri teks tidak diratakan (ragget left).
·         Justufy (shourtcut /CTRL+J): Meratakan teks di kedua sisi kiri dan kanan margin atau indent. Word akan otomatis mengarur jarak antar kata untuk menyesuaikan ruang.



4.      Untuk mengatur indent kiri paragraf dengan kenaikan setengah incin (1.27 cm), pada grup paragraf, klik tombol increase indent atau decrease indent sesuai kebutuhan.
5.      untuk mengatur indent (keduanya) keposisi atau ukuran sembarang, drag tarik tanda margin disepanjang horizontal ruler .
6.      Untuk mengatur indent baris pertama (first – line indent) atau hanging indent, drag tarik satu atau dua bagian tanda margin kiri disepanjang horizontal ruler. Tanda bagian atas mengatur first-line indent, dan bagian bawah mengatur hanging indent.


B.     Mengatur Aligment dan Indent Melalui Kotak Dialog Paragraf:
1.      Pilih paragraf yang ingin anda format.
2.      Pada tab home, digrup paragraf, klik icon tanda panah kecil yang ada di pojok kanan bawah untuk membuka kotak dialog.
3.      pada kotak dialog paragraf, di daftar drop – down aligment, pilih aligment yang nada inginkan.
4.      Pada bagian indent tation, masukkan ukuran untuk indent kiri dan kanan.
5.      Jika anda ingin mengatur first-line indent arau hanging indent, pilih tipe indent pada daftar drop-down special dan atur ukurannya pada kotak by.
6.      klik OK.




Ø  Jika anda menggunakan shortcut keyboard (CTRL+E) atau (CTRL+J) untuk mengubah aligment paragraf, berhati hatilah untuk tidak menekan tombol (shift) pada waktu yang sama. karena shortcut (CTRL+SHIFT+E) akan mengaktifkan fitur track changes, dan (CTRL+SHIFT+J) akan mengatur aligment menjadi distributek yang mirip dengan aligment justified, kecuali baris terakhir dari paragraf yang semuanya diratakan kesisi kanan margin, tidak peduli baris tersebut pendek (hanya beberapa teks saja).
Ø  Pada word versi sebelumnya, aligment justify selalu melebarkan ruang diantara kata. di word 2013, lebar bisa ditambah atau dikurangi untuk menyempurnakan tampilannya. memang hasilnya lebih bagus, tapi berhati hati-hatilah mungkin ada perubahan pada baris akhir dan page break pada dokumen lama yang anda konvert ke format word 2013.
Ø  Anda bisa mengatur sisi kiri paragraf kesebelah kiri dari halaman margin, yang mungkin bermanfaat untuk menggunakan heding. Untuk melakukanny, pada kotak dialog paragraf, masukan tanda minus (-) sebelum angka ukuran pada kotak left indent.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi Yakinlah

  Yakinlah Oleh : Suci Utari   Masih ingat masalah di akhir tahun kemarin? Saat itu dilematis sekali mencerup hawa bening Laksana ...