Assalamu'alaikum.. Selamat Datang di Blog Suci Utari.. Selamat Membaca, Semoga Dapat Memberikan Manfaat.. Mohon Kritik dan Sarannya ^_^

Selasa, 16 Mei 2017

TABLE OF CONTENTS MS. WORD LARGE, SMALL MAX DAN MIN MS. EXCEL

TABLE OF CONTENTS MS. WORD
LARGE, SMALL MAX DAN MIN MS. EXCEL
                                           

        Dosen Pengampu : Ferry Heryadi, S. Pd. I
                       Semester : IV. PAI. B
                   Disusun oleh: kelompok IV
1.      Arfika Falensi
2.      Marlinda
3.      Susteria


SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QUR’AN
AL-ITTIFAQIAH (STITQI)
 INDRALAYA OGAN ILIR SUMATERA SELATAN
TAHUN AKADEMIK 2017
Membuat Daftar Isi dengan Menggunakan Table of Content Daftar isi digunakan untuk mempercepat pencarian dokumen dan juga untuk mengetahui secara garis besar yang terdapat pada dokumen. Mungkin anda sudah pernah membuat daftar isi dengan menggunakan tabs, nah pada tutorial kali ini saya akan membahas membuat daftar isi dengan menggunakan table of content. keunggulannya, dengan menggunakan table of content akan menghemat waktu karena kita tidak perlu mengetik daftar isi akan tetapi kita harus mempunyai contoh makalah, skripsi atau tugas akhir terlebih dahulu. Sebelum membuat daftar isi kita seleksi terlebih dahulu isi teks pada makalah, skripsi atau tugas akhir yang akan dibuat daftar isi.[1]
Berikut penjelasannya :
1.      Langkah 1
Setiap makalah, skripsi, ataupun tugas akhir pasti mempunyai judul (BAB I, BAB II dsb), sub judul (1.1. atau A. dsb), sub sub judul (1.1.1 atau a. dsb)


 
Setiap Judul dijadikan Level 1
Sub Judul dijadikan level 2
Sub sub judul dijadikan level 3
Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
·  Seleksi teks terlebih dahulu
·  Aktifkan tab reference
·  Klik tombol Add teks lalu klik tombol level 1 sehingga teks yang diseleksi akan dijadikan BAB

Membuat Level dalam Table of Content
2.    Langkah 2
·         Untuk membuat sub judul, seleksi teks yang dimaksud
·         Kemudian lakukan hal yang sama seperti langkah diatas, lalu klik tombol level 2

 

Membuat Level dalam Table of Content

3.    Langkah 3
Untuk membuat sub judul yang lainnya, ikuti langkah yang sama seperti langkah diatas lalu klik tombol level 3.
·         Jika sudah selesai melakukan seleksi terhadap judul dan sub judul, letakkan kursor pada area yang kosong untuk membuat daftar isi
·         Pada tab reference, klik tombol table of contents
·         Lalu klik tombol automatic table 1



Kotak Dialog Table of Content
Maka bab dan sub bab yang telah diberi level akan membuat daftar isi secara otomatis. Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :





gambar 6 LANGKAH KEEMPAT
Tampilan Daftar Isi dengan menggunakan Table of Content[2]
Ket :
·         Untuk menambahkan level baru pada daftar isi, anda bisa lakukan dengan mengklik kanan pada daftar isi, lalu pilih update field, klik update entire table, maka judul, sub bab atau sub sub bab baru akan muncul.
·         Sedangkan untuk memperbaharui halaman, anda bisa lakukan dengan mengklik kanan pada daftar isi, lalu pilih update field, klik update page number only, maka halaman baru akan diperbaharui.

B.     Membuat Daftar Tabel
Membuat Daftar Gambar Untuk membuat daftar gambar langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
·         Masuk ke halaman pengeditan daftar isi laporan pada Microsoft Word. Setelah itu pilih menu References.
·         Langkah selanjutnya adalah membuat caption pada tiap gambar yang akan dibuat daftar gambarnya. Pada menu Captions silahkan klik Insert Caption. Klik tombol New Label untuk membuat label baru.
·         Setelah label baru dibuat pilih judul gambar yang akan dibuat daftar gambarnya. Taruh kursor di antara judul gambar lalu klik Insert Caption.
·          Pilih label yang dimaksud lalu klik OK.
Pada saat membuat caption format penulisan akan berubah. Tapi jangan khawatir, kita dapat memformatnya kembali setelah menambahkan caption. Pada tutorial ini saya menamakan label dengan "Gambar 4", karena gambar yang akan ditambahkan berada di bab 4. Jadi disesuaikan dengan bab-nya, karena dibelakang caption gambar akan ditambahkan nomor bertambah nilanya, pada contoh di atas caption menjadi "Gambar 4 1" karena itu adalah gambar pertama pada bab 4. Pemformatan judul gambar dapat dilakukan setelah menambahkan caption. Pada caption di atas "Gambar 4 1" dapat diedit menjadi "Gambar 4.1" dengan tanpa menghapus nomor caption.
·         Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menghapus nomor caption. Jika hal tersebut dilakukan maka judul gambar tidak akan ditampilkan di daftar gambar.
·         Untuk menampilkan hasilnya, pertama pilih halaman kosong untuk daftar gambar. Lalu pada menu Captions silahkan klik Insert Table of Figures. Hasilnya akan seperti berikut ini: Membuat Daftar Tabel Langkah-langkah untuk membuat daftar tabel sama dengan pembuatan daftar



1.1.Tabel Nilai Siswa
NO.
Nama
Nilai
1.
Aril
765
2.
Andi
780
3.
Anies
756
4.
Wanda
766
5.
Dudi
776
6.
Dani
789
7.
Fatih
734



C.    Ms. Excel Small, Large Max Dan Min
Max dan Min yaitu digunakan untuk mencari data nilai Max (paling besar) dan Min (paling kecil). Selanjutnya pada kesempatan ini admin akan membahas bagaimana jika kita ingin mencari data paling besar dan paling kecil tapi diurutan ke 2, 3, 4 dst. Rumus yang kita gunakan yaitu rumus Excel Large dan Small.
Dalam mencari nilai terbesar dan terkecil beserta urutannya ialah dengan menggunakan Rumus Excel Large dan Small. Jika dibandingkan dengan fungsi MAX dan MIN, tentu ada bedanya. Fungsi MAX dan MIN hanya bisa untuk mencari nilai paling besar dan nilai paling kecil. Lalu, fungsi LARGE dan SMALL dapat mengurutkan angka-angka baik mulai dari nilai tertinggi maupun dari nilai terendah sesuai yang diinginkan.
Misalnya, seorang guru yang ingin mencari peringkat 1 sampai 30 dalam satu kelas. Bila menggunakan cara manual, bisa saja terjadi kekeliruan karena tidak teliti. Namun, dengan menggunakan fungsi LARGE dan SMALL, urutan siswa yang mendapat peringkat satu sampai terakhir dapat diketahui dalam waktu yang cepat dan ketelitiannya tidak diragukan lagi.
Gunakanlah fungsi LARGE jika kamu ingin mendapatkan data dari yang tertinggi sampai terendah secara urut. Kemudian, jika ingin mengurutkan nilai terendah sampai tertinggi, maka gunakan fungsi SMALL. [3]
Fungsi LARGE dan SMALL cukup mudah dalam mengunakannya. Berikut ini
cara penulisannya:            
·         =SMALL(array,k), fungsi ini untuk mencari nilai kecil
·         =LARGE(array,k), fungsi ini untuk mencari nilai besar
Keterangan fungsi yaitu:
Array : diisi dengan sel yang berisi rentang data yang ingin dicari. Baik ingin
mencari nilai urutan terbesar ke sekian atau urutan terkecil ke sekian.
K : urutan ke sekian terbesar atau terkecil dari data yang ingin dicari. Misalkan
pada Large,
·         jika k = 1 artinya urutan terbesar ke-1,
·         jika k = 2 artinya terbesar ke
Sedangkan pada SMALL misalkan jika k = 4 artinya terkecil ke 4.
Berikut ini cara penggunaan fungsi SMALL dan LARGE yang bisa kamu perhatikan:
·         Anggap saja gambar berikut ini merupakan data yang ingin dicari urutannya
                               



Gambar di atas merupakan data-data nama siswa yang akan dicari peringkat 1 sampai 5 berdasarkan jumlah nilai yang diraih.
1.      Setelah itu, letakkan kursor pada H4 agar hasilnya muncul pada sel tersebut. Kemudian tulis fungsi =LARGE($C$4:$C$12;1), tekan enter. Maka akan muncul jumlah angka yang terbesar. Anda juga dapat menggantikan nilai k dengan Row()-3 dimana Row() di sini akan menghasilkan posisi baris di mana Rumus Excel Large diletakkan. Misal rumus Row() di letakkan baris ke-4 kolom H. Jika kita ketik =Row() di H4 maka akan menghasilkan nilai 4. Cara seperti ini akan memudahkan jika kita ingin menarik rumus ini sampai baris selanjutnya. Jadi rumus dapat ditulis ulang menjadi sebagai berikut =LARGE($C$4:$C$12;Row()-3). Kita kurangi Row() dengan 3 agar urutan dimulai dari urutan 1 karena Row() ini awalnya berada pada posisi baris ke-4.
2.      Ulangi lagi dengan menempatkan kursor pada H5 dan tulis fungsi seperti di atas. Maka nilai terbesar ke 2 akan muncul. Ulangi hal yang sama pada beberapa sel sesuai dengan yang kamu butuhkan. Anda juga dapat langsung menarik rumus di atasnya sampai dengan baris ke-11. Hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Gambar di atas menunjukkan bahwa jumlah dari terbesar sampai terkecil secara urut. Dengan begitu, peringkat 1 diraih oleh Dani. Peringkat 2 diraih oleh Andi dan seterusnya.
Untuk menggunakan fungsi SMALL juga sama dengan cara penggunaan fungsi LARGE. Bentuk fungsi tersebut yaitu =SMALL($C$4:$C$12;1). C4 dan C12 merupakan nilai pada sel yang akan diurutkan. Ketika menggunakan fungsi tersebut, silahkan sesuaikan dengan nama sel di mana data tersebut berada.
Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan Rumus Excel Large dan SMALL untuk mencari urutan nilai terbesar atau terkecil. [4]





[1]Di akses pada http://news.palcomtech.com/2011/08/cara-membuat-daftar-isi-denganmenggunakan-
table-of-content/Pada tanggal 16 Maret 2017. Pukul: 10:02 WIB
[3] Buku LKS Di Terbitkan Oleh Grahadi, Hlm 33
[4] Andi Purnomo,Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta, Yudhistira, 2007) Hlm 133

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi Yakinlah

  Yakinlah Oleh : Suci Utari   Masih ingat masalah di akhir tahun kemarin? Saat itu dilematis sekali mencerup hawa bening Laksana ...