Assalamu'alaikum.. Selamat Datang di Blog Suci Utari.. Selamat Membaca, Semoga Dapat Memberikan Manfaat.. Mohon Kritik dan Sarannya ^_^

Jumat, 19 Mei 2017

Pendidikan Ilmu Komputer Tentang Page Setup Pada Microsoft Word Dan Date, Datevalue, Dan Edate

Pendidikan Ilmu Komputer Tentang Page Setup Pada Microsoft Word Dan Date, Datevalue, Dan Edate



Dosen Pengampu : Ust. Ferry Heryadi
Semester : IV. PAI. B
Disusun Oleh : Kelompok VIII
1.      Eri Julias
2.      Pina Destiana
3.      Sri Hartati


SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QUR’AN AL-ITTIFAQIAH(STITQI)
INDRALAYA OGAN ILIR SUMATRA SELATAN
TAHUN AKADEMIK 2016/2017

A .Cara Mengatur Page Setup Pada Microsoft Word  
Page setup pada micrososft word berfungsi untuk mengatur margin atau jarak atas, bawah, kiri dan kanan kertas, tujuannya adalah jika kita menjilid kertas tersebut, maka tulisan pada kertas tersebut tidak tertutupi dan selain itu akan kelihatan lebih bagus.
Page setup juga bias kita gunakan untuk mengatur ukuran kertas dan ukuran kertas yang biasanya digunakan adalah A4 dan legal. Untuk mengatur margin pada page setup Microsoft word bias dilakukan dalam dua cara, pertama klik page layout lalu klik page setup seperti pada gambar di bawah ini:

Selain itu bias juga menggunakan kunci shortcut yaitu dengan menekan Alt+P+S+P maka akan muncul form untuk megubah page setup seperti pada gambar di bawah ini:


Adapun penjelasan untuk tampilan page setup di atas adalah:
Top                        : untuk mengatur jarak bagian atas kertas
Bottom                  : untuk mengatur jarak bagian bawah kertas
Left                       : untuk mengatur bagian kiri kertas
Right                     : untuk mengatur bagian kanan kertas
Portrait                  : untuk mengatur kertas dalam posisi vertical
Landscape             : untuk mengatur kertas dalam posisi horizontal               
Klik ok setelah anda selesai mengatur margin.(Purnomo, Catur Hadi:2007)
Selain mengatur margin kita juga bias mengatur ukuran kertas seperti A4 untuk kertas ukuran pendek dan legal.Untuk kertas ukuran polio yaitu lebih panjang di banding A4.Caranya cukup mudah anda tinggal mengklik menu paper di sebelah menu margin pada page setup untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Klik ok setelah anda mengganti ukuran kertas yang anda inginkan.


Adapun menu-menu perintah yang terdapat pada page setup yaitu:
1)      Margin                  : digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen
2)      Orientations          : digunakan untuk mengatur posisi kertas
3)      Size                       : digunakan untuk mengatur ukuran halaman
4)      Colums                  : digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks
5)      Breaks                   : digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks
6)      Line numbers        : digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks
7)      Hypenation           : digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
B . Date Pada Microsoft Excel
Fungsi date mengembalikan nomor seri berurutan yang menunjukkan tanggal tertentu.
Date    : tahun, bulan, hari
Fungsi date memiliki argument berikut :       
1.    Tahun diperlukan. Nilai argument tahun bias menyertakan satu hingga 4 digit. Excel acces menginterpretasikan argument tahun sesuai dengan tanggal system computer anda menggunakan. Secara default, Microsoft excel untuk windows menggunakan system tanggal 1900, yang berarti tanggal pertama 1 Januari 1900.
§  Jika tahun adalah antara 0 (nol) dan 1899 (termasuk), excel menambahkan nilai itu ke 1900 untuk menghitung tahun. Misalnya, DATE(108 , 1, 2) mengembalikan 2 Januari 2008 (1900+108)
§  Jika tahun adalah antara 1900 dan 1999 (termasuk), excel menggunakan nilai itu sebagai tahun. Misalnya DATE(2008 , 1 , 2 ) mengembalikan 2 Januari 2008.
§  Jika tahun kurang dari 0 atau diisi 10000 atau lebih, excel akan mengembalikan nilai kesalahan #NUM!.
2.    Bulan diperlukan. Bilangan bulat positif atau negatif yang menyatakan bulan dari tahun tersebu dari 1 sampai 12 (Januari sampai Desember)
§  Jika bulan lebih besar dari 12, bulan menambahkan jumlah bulan itu ke bulan pertama pada tahun yang ditentukan. Misalnya, DATE(2008 , 14 , 2) mengembalikan nomor seri yang menyatakan 2 Februari 2009
§  Jika bulan kurang dari 1, bulan mengurangi besaran nomor bulan itu, ditambah 1, dari bulan pertama dari tahun yang ditentukan. Misalnya DATE(2008 , -3 , 2) mengembalikan nomor seri yang menyatakan 2 September 2007.
3.    Hari diperlukan. Bilangan bulat positif atau negatif yang menyatakan tanggal bulan dari 1 sampai 31.
§  Jika tanggal lebih dari jumlah hari dalam bulan yang ditentukan, tanggal menambahkan jumlah hari kehari pertama dalam bulan tersebut. Misalnya, DATE(2008 , 1, 35) mengembalikan nomor seri yang menyatakan 4 Februari 2008
§  Jika tanggal kurang dari 1, hari mengurangi besaran jumlah hari itu, ditambah satu, dari hari pertama dari bulan yang ditentukan. Misalnya, DATE(2008 , 1 , -15) mengembalikannomorseri yang menyatakan 16 Desember 2007.
Contoh cara menggabungkan tahun:
Misalnya : =DATE(C2,A2,B2) menggabungkan tahun dari sel C2, bulan dari sel A2, dan hari dari sel B2 dan menempatkan mereka kedalam satu sel sebagai tanggal. Contoh di bawah ini memperlihatkan hasil akhir di sel D2.
C .Datevalue Pada Microsoft Excel
Fungsi datevalue mengonversi tanggal yang di simpan sebagai teks kenomor seri yang dikenal excel sebagai tanggal. Misalnya, rumus =DATEVALUE(“1/1/2008”) mengembalikan 39448, nomor seri tanggal 1/1/2008. Akan tetapi, ingatlah bahwa pengaturan tanggal system computer anda mungkin menyebabkan hasil fungsi DATEVALUE berbeda dari contoh ini.
Fungsi datevalue memiliki argument:
Date_text diperlukan. Text yang menyatakan tanggal dalam format tanggal excel, atau referensi kesel berisi teks yang menyatakan tanggal dalam format tanggal excel. Misalnya, “1/30/2008” atau “30-Jan-2008” adalah string teks dalam tanda kutip yang menyatakan tanggal.(Saepuloh:2008)
D .Edate Pada Microsoft Excel
Fungsi edate untuk menambah atau mengurangi bulan ke atau dari tanggal. Fungsi edate membutuhkan dua nilai (disebut sebagai argument): tanggal mulai dan jumlah bulan atau mengurangi. Untuk mengurangi bulan, masukkan angka negative sebagai argumen, kedua (misalnya, =EDATE(“2/15/10”,-5). Hasil rumus ini adalah tanggal 9/15/09. Anda dapat menentukan nilai dari tanggal mulai baik dengan mengacu ke sel yang berisi nilai tanggal atau dengan memasukkan tanggal dalam tanda kutip, seperti “2/15/10”.
Sebagai contoh, misalkan anda ingin menambahkan 16 bulan ke data 16 Oktober 2009. Pada sel A5, isikan data 10/16/09.

Pada sel B5, isikan rumus =EDATE(A5,16). Fungsi menggunakan nilai dalam sel A5, isikan rumus =EDATE(“10/16/09”). Dalam hal ini, fungsi menggunakan tanggal yang anda masukkan secara langsung,”10/16/09.”sel B5 dan C5 berdua harus menunjukkan tanggal 2/16/11.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi Yakinlah

  Yakinlah Oleh : Suci Utari   Masih ingat masalah di akhir tahun kemarin? Saat itu dilematis sekali mencerup hawa bening Laksana ...