Nama :
Suci Utari
NIM :
2015.01.110
Semester :
IV PAI B
Mata Kuliah :
Media Pengajaran PAI
Program Studi :
PAI REG.A
Penguji :
Endang Switri, M.Pd.I
MEDIA CETAK BROSUR
A.
Pengertian Brosur
Brosur adalah bahan informasi
tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem, atau cetakan
yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid atau
selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat tetapi lengkap tentang
perusahaan atau organisasi (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Balai
Pustaka, 1996). Dengan demikian, brosur dapat dimanfaatkan sebagai bahan
pembelajaran selama sajian brosur diturunkan dari kompetensi dasar yang harus
dikuasai peserta didik.[1]
B.
Pemilihan Brosur
Brosur biasanya tersedia di
tempat-tempat, seperti museum, objek wisata sejarah, atau perusahaan swasta.
Brosur bisa secara langsung digunakan sebagai bahan ajar apabila memenuhi
kriteria antara lain sebagai berikut:
1.
Substansi
materi memiliki relevansi dengan kompetensi dasar atau materi pokok yang harus
dikuasai oleh peserta didik.
2.
Materi
memberikan informasi secara lengkap dan jelas tentang substansi yang disajikan.
3.
Padat
pengetahuan.
4.
Kebenaran
materi dapat dipertanggung jawabkan.
5.
Kalimat
yang disajikan singkat dan jelas.
6.
Menarik
peserta didik untuk membacanya, baik dari penampilan maupun isinya.
7.
Dapat
diambil dari berbagai tempat yang menyediakan brosur, baik instansi pemerintah
maupun perusahaan swasta.[2]
C.
Kelebihan dan Kekurangan Brosur
Menurut analisa dari sumber yang
dibaca, berikut kelebihan dan kekurangan dari brosur:
1.
Kelebihan Brosur
a.
Media
sederhana yang mudah diperoleh.
b.
Berupa
kata-kata, gambar, dan diagram.
c.
Biaya
relatif rendah, dan dapat digunakan berulang-ulang.
d.
Mudah
dibawa karena bentuknya yang kecil dan ringan.
2.
Kekurangan Brosur
a.
Materi
yang kurang jelas
b.
Produksi
yang berlebihan, menyebabkan biaya yang sia-sia
c.
Penerima
mungkin membuang dan tidak membaca isi brosur yang diterima
d.
Penerima
mungkin membaca dan menerima brosur pada waktu yang salah
e.
Penerima
juga mungkin memiliki hanya sebagian pesan yang di sampaikan.
D.
Relevansi Brosur terhadap Pembelajaran PAI
Menurut analisa, brosur dapat
dikatakan relevan terhadap materi pembelajaran PAI. Contoh dalam pelajaran
tajwid, bisa di buat dalam brosur gambar mulut atau kerongkongan atau tempat
keluarnya suara atau makhorijul huruf. Selain gambar bisa dibuat hukum-hukum
dalam pelajaran tajwid.
Selain tajwid, contoh lain dalam
pelajaran PAI, brosur bisa dibuat gambar gerakan-gerakan shalat, dan bacaan shalat
dibawahnya. Dengan brosur, siswa dapat memahami lebih cepat dengan melihat
gambar dan penjelasan yang mudah siswa pahami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar